Skip to main content

E-mail dan Web mail

Image result for mail  
A. Mengenal E-mail dan Web mail

Mengenal E-mail
E-mail adalah aktivitas online yang paling popular di kalangan para pengguna internet baik Anda yang menggunakannya hanya untuk sekadar berkomunikasi atau yang bekerja di rumah atau pun yang bekerja di kantor. Hal ini menciptakan peluang bisnis yang besar bagi perusahaan kecil maupun besar. Para pemasar dapat menggunakan email untuk tetap berada di depan dengan para kastemer maupun prospeknya.

Apa Itu Email ?
E-mail adalah surat elektronik yang penggunaannya sekarang didukung oleh 3 jenis protokol internet, yaitu Post Office Protocol yang disebut juga sebagai POPInternet Mail Access Protocol disebut juga IMAP, dan yang ketiga adalah Simple Mail Transfer Protocol yg disebut SMTP.
Mengenal Webmail
WebMail adalah salah satu fasilitas default pada web hosting Anda. Kegunaannya adalah untuk mengoperasikan e-mail account (membaca / menerima, mengirimkan, menghapus, membuat address book, dll) yang sudah Anda buat melalui cPanelWebMail sesuai digunakan apabila :
  • Alamat e-mail Anda harus bisa diakses beberapa orang sekaligus. Misalkan e-mail kontak utama perusahaan dimana terdapat beberapa orang yang dapat mengakses dan menjawab e-mail yang masuk
  • Anda tidak selalu menggunakan komputer pribadi dalam mengakses e-mail, karena WebMail tidak butuh software apapun kecuali browser dan data – data e-mail yang masuk tersimpan di server hosting, bukan di komputer Anda
Selain menggunakan WebMail, terdapat cara lain untuk mengakses e-mail Anda yakni menggunakan e-mail client pilihan Anda seperti Outlook, Thunderbird, Apple Mail, dll.
Silahkan simak artikel tentang perbandingan mengakses e-mail menggunakan WebMail dibandingkan dengan jika menggunakan e-mail client.

  1.  Mailbox Fisik dan Logik

Pada umumnya, bentuk kotak surat adalah suatu kotak yang di beri lubang memanjang seukuran amplop surat dan di kunci oleh pemiliknya. Dengan demikian, surat anda akan aman dan tidak akan di curi oleh orang lain.
            
Berdasarkan penjelas diatas, Ray Tomlinson meniru cara kerja kotak surat dalam dunia maya, yaitu dengan melakukan percobaan pengiriman data antara dua mesin pada tahun 1971. Percobaan tersebut adalah awal mula dari penemuan e-mail yang popular digunakan saat ini.
           
E-mail adalah akronim dari electronic mail yang berarti surat elektronik. E-mail merupakan suatu cara untuk mengirimkan pesan atau informasi dalam bentuk data elektronik, yang dikirim melalui Internet dari satu computer ke computer lainnya. Adapun untuk menggunakan web mail, anda harus mendaftar terlebih dahulu ke sebuah situs web, misalnya Yahoo Mail atau Hotmail.
            Antara mailbox di kantor pos dan e-mail mempunyai beberapa kesamaan sebagai berikut.
a.       Sarana berkirim surat atau informasi.
b.      Memiliki alamat jelas dan unik.
c.       Kotak surat memiliki kunci, sedangkam e-mail memiliki password atau kata kunci.
Selain itu, mailbox di kantor pos dan e-mail memiliki perbedaan, antara lain sebagai berikut.
a.       Media surat berupa kertas, sedangkan e-mail merupakan media elektronik.
b.      Waktu pengiriman e-mail sampai alamat yang dituju relative lebih cepat daripada surat.
c.       Pengiriman surat harus mengeluarkan biaya dengan membayar perangko, sedangkan layanan e-mail ada yang gratis.

  
   2.  E-mail yang Efektif
E-mail yang efektif adalah panduan anda dalam menulis e-mail secara cepat, singkat, dan mudah dibaca       oleh penerima. Ada beberapa aturan atau etika menulis e-mail yang benar, di antaranya sebagai berikut.
a.       Hindari menulis semua teks e-mail dengan menggunakan huruf kapital. Jika semua teks menggunakan huruf kapital, hal ini mengindikasikan bahwa penulis e-mail sedang marah. Contohnya sebagai berikut. “SAYA MINTA ANDA SEGERA MENGRIMKAN DOKUMEN, SOALNYA PENTING.” Penulisan berita tersebur akan mempunyai makna yang berneda, jika ditulis sebagai berikut. “sayang minta anda segera mengirimkan dokumen, soalnya penting.”
b.      Subject pada e-mail harus diisi, karena pada saat membacanya, penerima akan mengetahui pokok isi e-mail anda. Banyak sekali e-mail yang berisi informasi yang anda tidak inginkan (spam), seperti iklan, diskusi, dan sejenisnya, yang akan masuk ke mailbox anda. Salah satu penulisan e-mail yang baik adalah sebagai berikut.

Dengan hanya melihat Subject saja, aji akan mengetahui bahwa e-mail yang di kirim rani berisi ajakan untuk belajar kelompok.

Oleh karena itu, buatlah e-mail yang langsung pada pokok permasalahannya. Hindari membuat e-mail yang bertele-tele yang akhirnya tidak di baca oleh penerima karena terlalu panjang. Apalagi e-mail tersebut akan di cetak, tentu akan menyebabkan pemborosan kertas. Bagi sebagian orang, alamat e-mail merupakan hal yang pribadi. Jadi, sebaiknya anda tidak senbarangan menyebarkan alamat e-mail seseorang sebelum mengadakan konfirmasi terlebih dahulu. 

Comments

Popular posts from this blog

Contoh Pidato Bahasa Bali

om awignam astu namah sidham   Bapak Kepala Sekolah lan guru sane wangiang titiang, Ida dane sareng sami sane dahat suksamayang titian Sadurunge titiang ngelanturang atur, pinih riin tittiang ngaturang antuk panganjali umat, “Om Swastiastu” Kaping ajeng ngiring sareng sareng ngaturang puja pangastuti ring Ida Hyang Parama Kawi , Ida Sang Hyang Widhi Wasa saantukan ring keledangan lan wara nugrahan Ida, Ida dane prasida rauh ring galah lan genah sane becik puniki. Titiang iriki pinaka ngwalinin sisia , dahat angayubagia sepengrauh ida dane para atiti uleman sareng sami nyaksisnin saha nyarengin ngastitiang karahajengan acara puniki. Bapak / ibu guru makesami sane wangiang titiang, sane kapertama titiang iriki lakar nguncarang suksmaning manah ring para guru sekadi guru rupaka sane sampun teleb ngajahin titiang sareng sami nyantos tigang tiban. Titiang rumasa akeh mapiutang ring para guru mawinan kapradnyanan sampun ngicenin peplajahan nganter iraga sami nuju karahayuan.

Cerita Naga Basukih Bahasa Bali

SATUA NAGA BASUKIH Jani ada kone tutur-tuturan satua, Ida Betara Guru. Ida Betara Guru totonan malinggih ring Gunung Semeru, kairing olih putranidane mapesengan I Naga Basukih. Pesengan Idane dogen suba ngarwanang, I Naga Basukih terang gati suba putran Ida Betara Guru totonan maukudan Naga, marupa lelipi gede pesan sing keto jenenga? Nah jani sedek dina anu, kandugi enu ruput pesan I Naga Basukih tangkil ring ajine. Baan tumben buka semengane I Naga Basukih Tangkil, dadi matakon Ida Betara Guru ring putrane, “Uduh nanak Bagus, dadi tumben buka semengan I Nanak nangkilin Aji, men apa jenenga ada kabuatan I Nanak ring Aji, nah lautan I Nanak mabaos!” Keto kone pataken Ida Betara guru ring putrane I Naga Basukih. Ditu lantas I Naga Basukih matur ring Ajine, “Nawegang Aji Agung titiang kadi isenge ring sameton titiange sane wenten ring jagat Bali, makadi Betara Geni Jaya sane malinggih kocap ring Bukit Lempuyang, Betara Mahadewa kocap ring Gunung Agung, Betara Tumuwuh ring Gun