Skip to main content

Media Komunikasi


Media Komunikasi

 Secara sederhananya, media komunikasi ialah perantara dalam penyampaian informasi dari komunikator kepada komunikate yang bertujuan untuk efisiensi penyebaran informasi atau pesan tersebut. Sedangkan fungsi media komunikasi yang berteknologi tinggi ialah sebagai berikut (Burgon & Huffner, 2002);

1.  Efisiensi penyebaran informasi; dengan adanya media komunikasi terlebih yang hi-tech akan lebih membuat penyebaran informasi menjadi efisien. Efisiensi yang dimaksudkan di sini ialah penghematan dalam biaya, tenaga, pemikiran dan waktu. Misalnya, kita memberikan ucapan selamat hari raya Idul Fitri atau Natal cukup melalui SMS, MMS, e-mail, mailist dan media canggih lainnya. Hal ini lebih disukai karena nilai praktisnya jika dibandingkan dengan mengirimkan kartu lebaran atau kartu Natal dengan waktu yang lebih lama. Namun apakah cukup efektif?
2.  Memperkuat eksistensi informasi; dengan adanya media komunikasi yang hi-tech, kita dapat membuat informasi atau pesan lebih kuat berkesan terhadap audience/ komunikate. Suatu contoh, dosen yang mengajar dengan multimedia akan lebih efektif berkesan daripada dosen yang mengajar secara konvensional.
3.   Mendidik/ mengarahkan/ persuasi; media komunikasi yang berteknologi tinggi dapat lebih menarik audience. Sebagaimana kita pelajari pada bab sebelumnya tentang komunikasi persuasi maka hal yang menarik tentunya mempermudah komunikator dalam mempersuasi, mendidik dan mengarahkan karena adanya efek emosi positif.
4.     Menghibur/ entertain/ joyfull; media komunikasi berteknologi tinggi tentunya lebih menyenangkan (bagi yang familiar) dan dapat memberikan hiburan tersendiri bagi audience. Bahkan jika komunikasi itu bersifat hi-tech maka nilai jualnya pun akan semakin tinggi. Misalnya, presentasi seorang marketing akan lebih mempunyai nilai jual yang tinggi jika menggunakan media komunikasi hi-tech daripada presentasi yang hanya sekedar menggunakan metode konvensional.
5.     Kontrol sosial; media komunikasi yang berteknologi tinggi akan lebih mempunyai fungsi pengawasan terhadap kebijakan sosial. Seperti misalnya, informasi yang disampaikan melalui TV dan internet akan lebih mempunyai kontrol sosial terhadap kebijakan pemerintah sehingga pemerintah menjadi cepat tanggap terhadap dampak kebijakan tersebut

1.    Antarmuka Komputer
                            
Saluran komunikasi merupakan media yang digunakan untuk mentransmisikan suatu sinyal listrik yang membawa data kesuatu lokasi tertentu yang sudah ditentukan. Saluran ini dapat berupa transmisi satelit, sinyal radio, atau jaringan telepon. Dalam jaringan komputer media utama untuk mentransmisikan data adalah kabel twisted pair dan kabel koaksial

1.     NIC(Network Interface Card)

NIC adalah sebuah kartu jaringan (LAN card) yang dipasang pada slot ekspansi pada sebuah motherboard komputer (server maupun workstation) sehingga komputer dapat dihubungkan ke dalam sistem jaringan. Dilihat dari jenis interface-nya, umumnya terbagi menjadi dua yaitu PCI dan ISA. Terdapat juga beberapa kartu/card yang diperuntukkan khusus untuk laptop atau notebook dengan socket PCMCIA.

2.    Kabel dan Konektor

Merupakan media penghubung antara komputer dengan komputer lainnya atau dengan peralatan jaringan lainnya yang digunakan untuk membentuk jaringan.
Terdapat beberapa tipe pengkabelan yaitu:

a.    Thin ethernet(thinnet)
     Thin ethernet memiliki keunggulan dalam hal biaya yang lebih murah dibandingkan dengan tipe pengkabelan lainnya serta pemmasangan komponennya lebih mudah. Panjang kabel thin coaxial/RG-58 antara 0,85-185 meter dan maksimum 30 komputer terhubung.

b.    Thick Ethernet
Dengan Thick  ethernet atau(thicnet,jumlah komputer yang dapat dihubungkan akan lebih banyak dan jarak antar komputer dapat diperbesar, tetapi biaya pengadaan pengkabelan ini lebih mahal serta pemasangannya relatif lebih sulit dibandingkan thinnet. Pada thicknet digunakan transceiver untuk menghubungkan setiap komputer dengan sistem jaringan yang digunakan adalah konektor tipe DIX. Panjang kabel transceiver maksimum 50 meter, panjang kabel thicnet maksimum 500 meter dengan maksimum 100 transciever terhubung.

c.    Twisted pair ethernet
Kabel Twisted pair ini terbagi menjadi dua jenis yaitu shielded dan shielded adalah jenis kabel yang memiliki selubung pembungkus. Untuk koneksinya kabel jenis ini menggunakan konektor RJ-11 atau RJ-45. Twisted pair umumnya lebih handal (reliable) dibandingkan dengan thin coax karena HUB mempunyai kemampuan data error correction dan meningkatkan  kecepatan transmisi.

d.    Fiber optic
Jaringan yang menggunakan fiber optic (FO) biasanya perusahaan besar, dikarenakan harga dan proses pemasangannya lebih sulit. Namun demikian jaringan yang menggunakan FO dari segi kehandalan dan kecepatan tidak diragukan. Kecepatan pengiriman data dengan media FO lebih dari 100 Mbps dan bebas pengaruh lingkungan.

3.    Hub/konsentrator
Hub/kosentrator adalah sebuah perangkat yang menyatukan kabel-kabel jaringan (network) dari tiap-tiap workstation, server, atau perangkat lainnya. Hub mempuntai banyak slot(konektor) konsentrator di mana dapat dipasang menurut nomor port dari kartu (card) yang dituju.
Ciri-ciri yang dimiliki konsentrator adalah:
-    Biasanya terdiri dari 4, 8, 12, atau 24 port RJ-45.
-    Digunakan pada topologi bintang untuk aplikasi yang mengatur manajemen port.

2.     Jenis Media Komunikasi

Menurut jenisnya, media komunikasi dapat dikelompokan dalam tiga macam, yaitu :
               
1.) Media Komunikasi berupa Audio ( Media Komunikasi Audio ), yaitu suatu alat komunikasi yang dapat ditangkap melalui alat pendengaran. Contohnya : Radio, Telepon, Tape recorder, dan sebagainya.
    
2.) Media Komunikasi berupa Visual ( Media Komunikasi Visual ), yaitu alat komunikasi yang ditangkap melalui alat penglihatan. Contohnya : Surat, transparansi, chart atau grafik, dan lain-lain.

3.) Media Komunikasi yang berupa Audio Visual ( Media Komunikasi Audio Visual ), yaitu alat komunikasi yang dapat dilihat dan dapat didengar. Contohnya : televisi, VCD, layar lebar, Internet, wawancara ( face to face ), kunjungan, dan sebagainya. 
                                
Media Komunikasi mempuyai fungsi, secara umum terbagi menjadi 4, yakni :
~ Alat untuk menyampaikan informasi.
~ Alat untuk menerjemahkan lambang komunikasi.
~ Alat untuk mempercepat dan mempersingkat penyampaian informasi.
~ Alat untuk menghibur ( to entertaint ) dan mendidik ( to educat ).
                          
         Dari ketiga jenis media komunikasi diatas, bisa kita simpulkan. Di era komunikasi yang serba modern ini, setiap orang dituntut untuk dapat menggunakan berbagai jenis media komunikasi. Oleh karena itu, sejak dini kita perlu mempelajari dan menguasai berbagai media komunikasi.
           



Comments

Popular posts from this blog

Contoh Pidato Bahasa Bali

om awignam astu namah sidham   Bapak Kepala Sekolah lan guru sane wangiang titiang, Ida dane sareng sami sane dahat suksamayang titian Sadurunge titiang ngelanturang atur, pinih riin tittiang ngaturang antuk panganjali umat, “Om Swastiastu” Kaping ajeng ngiring sareng sareng ngaturang puja pangastuti ring Ida Hyang Parama Kawi , Ida Sang Hyang Widhi Wasa saantukan ring keledangan lan wara nugrahan Ida, Ida dane prasida rauh ring galah lan genah sane becik puniki. Titiang iriki pinaka ngwalinin sisia , dahat angayubagia sepengrauh ida dane para atiti uleman sareng sami nyaksisnin saha nyarengin ngastitiang karahajengan acara puniki. Bapak / ibu guru makesami sane wangiang titiang, sane kapertama titiang iriki lakar nguncarang suksmaning manah ring para guru sekadi guru rupaka sane sampun teleb ngajahin titiang sareng sami nyantos tigang tiban. Titiang rumasa akeh mapiutang ring para guru mawinan kapradnyanan sampun ngicenin peplajahan nganter iraga sami nuju karahayuan.

Cerita Naga Basukih Bahasa Bali

SATUA NAGA BASUKIH Jani ada kone tutur-tuturan satua, Ida Betara Guru. Ida Betara Guru totonan malinggih ring Gunung Semeru, kairing olih putranidane mapesengan I Naga Basukih. Pesengan Idane dogen suba ngarwanang, I Naga Basukih terang gati suba putran Ida Betara Guru totonan maukudan Naga, marupa lelipi gede pesan sing keto jenenga? Nah jani sedek dina anu, kandugi enu ruput pesan I Naga Basukih tangkil ring ajine. Baan tumben buka semengane I Naga Basukih Tangkil, dadi matakon Ida Betara Guru ring putrane, “Uduh nanak Bagus, dadi tumben buka semengan I Nanak nangkilin Aji, men apa jenenga ada kabuatan I Nanak ring Aji, nah lautan I Nanak mabaos!” Keto kone pataken Ida Betara guru ring putrane I Naga Basukih. Ditu lantas I Naga Basukih matur ring Ajine, “Nawegang Aji Agung titiang kadi isenge ring sameton titiange sane wenten ring jagat Bali, makadi Betara Geni Jaya sane malinggih kocap ring Bukit Lempuyang, Betara Mahadewa kocap ring Gunung Agung, Betara Tumuwuh ring Gun

E-mail dan Web mail

   A.   Mengenal E-mail dan Web mail Mengenal E-mail E-mail  adalah aktivitas online yang paling popular di kalangan para pengguna internet baik Anda yang menggunakannya hanya untuk sekadar berkomunikasi atau yang bekerja di rumah atau pun yang bekerja di kantor. Hal ini menciptakan peluang bisnis yang besar bagi perusahaan kecil maupun besar. Para pemasar dapat menggunakan email untuk tetap berada di depan dengan para kastemer maupun prospeknya. Apa Itu Email ? E-mail  adalah surat elektronik yang penggunaannya sekarang didukung oleh 3 jenis protokol internet, yaitu  Post Office Protocol  yang disebut juga sebagai  POP ,  Internet Mail Access Protocol  disebut juga  IMAP , dan yang ketiga adalah  Simple Mail Transfer Protocol  yg disebut  SMTP . Mengenal Webmail WebMail  adalah salah satu fasilitas default pada web hosting Anda. Kegunaannya adalah untuk mengoperasikan  e-mail  account (membaca / menerima, mengirimkan, menghapus, membuat address book, dll) yang sudah