Skip to main content

Pelayanan Akses Internet


Pelayanan Akses Internet

Dalam memberikan pelayanan, kita dapat mencari teman di internet dengan menggunakan fasilitas chatting. Selain itu, kita juga dapat menemukan situs-situs web yang menampilkan informasi penting.
1.      Situs Menarik
Beberapa situs-situs yang menarik untuk dikunjungi dalam mencari informasi, yaitu sebagai berikut :

a.       Informasi untuk anak-anak, diantaranya :

b.      Portal dan berita, diantaranya :
             ·       http://www.detik.com
             ·       http://www.kompas.com
             ·       http://www.pikiran-rakyat.com

c.       Informasi untuk sumber perpustakaan, diantaranya :
  ·         http://www.digital.lib.itb.ace.ide
  ·         http://www.englib.cornell.edu/
  ·         http://www.lhl.lib.mo.us

d.      Informasi untuk pendidikan, diantaranya :
  ·         http://www.oul.com
  ·         http://depdiknas.go.id/


2.      Chat
Chat atau obrolan merupakan suatu fasilitas yang disediakan oleh internet untuk berdialog secara online. Kegiatan ini disebut dengan chatt sedangkan org yang melakukan aktivitas ini disebut chatter.
Melalui layanan chatt ini, kita dapat berkomunikasi dengan orang lain, tidak hanya terbatas padasatu daerah atau satu negara. Bahkan, kita juga dapat berkomunikasi dengan orang lain diseluruh dunia. Pada dasarnya, layanan chatt ini merupakan jaringan client dengan server yang dapat menampilkan pesan berupa teks secara online. Jika server chatt sedang banyak dikunjungi, kita dapatberdialog sampai dengan ratusan chatter. Para chatter biasanya memiliki nama panggilan (nick name) yang berbeda.
Layanan chat pada suaru server dijalankan oleh seorang administrator. Administrator ini bertugas untuk memantau para chatter. Jika ada chatter yang melanggar peraturan, administrator dapat mengeluarkannya dari ruang obrolan (chat room).
Saat ini ada program chat yang menawarkan fasilitas suara sebagai tambahan teks, yaitu voice chat. Bahkan ada pula yang melengkapinya dengan kamera sehingga gambar dari chatter-pun dapat terlihat secara langsung.
Perangkat lunak yang diperlukan untuk melakukan komunikasi online, diantaranya seperti :
·         Yahoo Messenger dari http://www.yahoo.com
·         MNS Mesengger dari http://www.microsoft.com
·         mIRC dari http://www.mirc.com


a.      Chat di Yahoo! Messenger
Chatting atau ngobrol di dunia maya sudah lama digandrungi oleh para pengguna internet dan penyedia fasilitas chatting yang paling banyak digunakan hingga saat ini adalah Yahoo Messenger. Salah satu kekurangan dari Yahoo Messenger, yaitu sebelum menjalankan Yahoo Messenger kita harus memiliki e-mail Yahoo terlebih dahulu. Yahoo! ID dan password e-mail di Yahoo diperlukan untuk dapat login di Yahoo Messenger.
Anda bisa chatting dengan beberapa teman sekaligus dengan cara yang sama seperti yang anda lakukan di Langkah 7. Jika telah selesai, jangan lupa untuk keluar dari Yahoo Messenger dengan meng-klik Sign Out. Hal ini sangat penting, karena jika anda langsung menutup jendela Yahoo Messenger tanpa Sign Out artinya anda meninggalkannya dalam keadaan online. Hal ini memungkinkan dipakainya ID Yahoo Messenger anda oleh orang lain, apalagi jika komputer yang anda gunakan adalah komputer bersama seperti komputer kantor.

b.      Chat di mIRC
mIRC merupakan perangkat lunak berbayar untuk Internet Relay Chat atau percakapan daring yang beroperasi di sistem operasi Windows.  Kelebihan dari menggunakan mIRC yaitu :
a.       Adanya skrip yang dapat membuat mIRC dapat diatur sebebas-bebasnya.
b.      Dapat menyimpan data log percakapan di channel dan query.
c.       Pilihan format tulisan, seperti warna, teks tebal, dan sebagainya.
d.      Tampilan GUI yang mudah untuk pengguna.
e.       Tema dan tampilan yang dapat diganti.
f.       Mengirim file melalui protokol DCC.
Adapun kekurangan dari mIRC yaitu :  
    Anda tidak bisa berbincang dengan media suara dan gambar seperti di Yahoo Messenger. Anda hanya bisa berbincang dengan basis teks.
b.       Tidak bisa memilih regional / domisili dari teman chatting kita secara pasti.

1.      Connect, isi dengan
·     Nickname : Isi dengan nama yang akan anda tampilkan saat chatting 
·     Alternative : Isi dengan nama alternative jika nickname anda ternyata sudah ada yang memakai
·     Name : Isi dengan nama anda bisa dengan nama lengkap atau nama pangilan
·          E-mail : Isi dengan alamat e-mail anda 

2.      Pada Servers kemudian pilih salah satu server dari Dalnet karena akan lebih mudah connect ke server  berbeda dengan server lainnya. Berdasarkan pengalaman saya menggunakan mIRC ,server favorit yang sering digunakan kebanyakan/mayoritas adalah Dalnet.

Adapun tips yang dapat kita lakukan saat chatting :
a. Gunakanlah bahasa yang sopan 
b.Chattinglah secara sehat
c.Chatinglah secara wajar dan tidak berlebihan
d.Pahami bahasa chatting,singkatan, dan emoticon 
e.Ingat waktu, jangan sampai anda sibuk chatting sementara pekerjaan anda belum selesai.

3.      Mailing List
Mailing list atau milis, yaitu sebuah alamat email yang digunakan oleh sekelompok pengguna internet untuk melakukan kegiatan tukar menukar informasi. Setiap pesan yang dikirimkan ke alamat sebuah milis, secara otomatis akan diteruskan ke alamat email seluruh anggotanya. Milis umumnya dimanfaatkan sebagai sarana diskusi atau pertukaran informasi diantara para anggotanya.
Pengelompokan alamat e-mail. Artinya, apabila suatu surat dikirimkan ke alamat ini, maka secara otomatis sistem akan mengirimkannya kepada alamat-alamat yang telah didaftarkan dalam database mesin tersebut, dengan adanya mailing list ini, apabila satu surat ingin dikirimkan ke beberapa orang, maka cukup dikirimkan ke mailing list. Metode pengiriman email juga dapat diset apakah setiap email yang dikirimkan oleh anggota dapat diterima atau cukup diterima sekaligus.
Pengaturan diskusi melalui mailing list ini dapat diset dalam bentuk moderated atau unmoderated tergantung siapa saja yang boleh berkomentar dan ikut berdiskusi. Pengaturan diskusi dilakukan oleh seorang moderator. Idalam milis terdapat empat hal penting yaitu :

Daftar nama dan alamat e-mail anggota
a.       Anggota yang menerima mail pada alamat tersebut
b.      Pesan e-mail yang dikirimkan ke alamat tersebut
c.       Sebuaf reflektor berupa satu alamat e-mail yang dibuat sebagai alamat penerima pesan dan akan mengirimkan salinan pesan tersebut kapada anggotanya.



Comments

Popular posts from this blog

Contoh Pidato Bahasa Bali

om awignam astu namah sidham   Bapak Kepala Sekolah lan guru sane wangiang titiang, Ida dane sareng sami sane dahat suksamayang titian Sadurunge titiang ngelanturang atur, pinih riin tittiang ngaturang antuk panganjali umat, “Om Swastiastu” Kaping ajeng ngiring sareng sareng ngaturang puja pangastuti ring Ida Hyang Parama Kawi , Ida Sang Hyang Widhi Wasa saantukan ring keledangan lan wara nugrahan Ida, Ida dane prasida rauh ring galah lan genah sane becik puniki. Titiang iriki pinaka ngwalinin sisia , dahat angayubagia sepengrauh ida dane para atiti uleman sareng sami nyaksisnin saha nyarengin ngastitiang karahajengan acara puniki. Bapak / ibu guru makesami sane wangiang titiang, sane kapertama titiang iriki lakar nguncarang suksmaning manah ring para guru sekadi guru rupaka sane sampun teleb ngajahin titiang sareng sami nyantos tigang tiban. Titiang rumasa akeh mapiutang ring para guru mawinan kapradnyanan sampun ngicenin peplajahan nganter iraga sami nuju karahayuan.

Cerita Naga Basukih Bahasa Bali

SATUA NAGA BASUKIH Jani ada kone tutur-tuturan satua, Ida Betara Guru. Ida Betara Guru totonan malinggih ring Gunung Semeru, kairing olih putranidane mapesengan I Naga Basukih. Pesengan Idane dogen suba ngarwanang, I Naga Basukih terang gati suba putran Ida Betara Guru totonan maukudan Naga, marupa lelipi gede pesan sing keto jenenga? Nah jani sedek dina anu, kandugi enu ruput pesan I Naga Basukih tangkil ring ajine. Baan tumben buka semengane I Naga Basukih Tangkil, dadi matakon Ida Betara Guru ring putrane, “Uduh nanak Bagus, dadi tumben buka semengan I Nanak nangkilin Aji, men apa jenenga ada kabuatan I Nanak ring Aji, nah lautan I Nanak mabaos!” Keto kone pataken Ida Betara guru ring putrane I Naga Basukih. Ditu lantas I Naga Basukih matur ring Ajine, “Nawegang Aji Agung titiang kadi isenge ring sameton titiange sane wenten ring jagat Bali, makadi Betara Geni Jaya sane malinggih kocap ring Bukit Lempuyang, Betara Mahadewa kocap ring Gunung Agung, Betara Tumuwuh ring Gun

E-mail dan Web mail

   A.   Mengenal E-mail dan Web mail Mengenal E-mail E-mail  adalah aktivitas online yang paling popular di kalangan para pengguna internet baik Anda yang menggunakannya hanya untuk sekadar berkomunikasi atau yang bekerja di rumah atau pun yang bekerja di kantor. Hal ini menciptakan peluang bisnis yang besar bagi perusahaan kecil maupun besar. Para pemasar dapat menggunakan email untuk tetap berada di depan dengan para kastemer maupun prospeknya. Apa Itu Email ? E-mail  adalah surat elektronik yang penggunaannya sekarang didukung oleh 3 jenis protokol internet, yaitu  Post Office Protocol  yang disebut juga sebagai  POP ,  Internet Mail Access Protocol  disebut juga  IMAP , dan yang ketiga adalah  Simple Mail Transfer Protocol  yg disebut  SMTP . Mengenal Webmail WebMail  adalah salah satu fasilitas default pada web hosting Anda. Kegunaannya adalah untuk mengoperasikan  e-mail  account (membaca / menerima, mengirimkan, menghapus, membuat address book, dll) yang sudah